Apakah iklan dan halaman landas Anda sudah optimal?

Tulis iklan yang menarik untuk pelanggan Anda.

Iklan Anda adalah suara dari produk dan layanan Anda. Semakin relevan dan menarik iklan bagi pelanggan, semakin besar kemungkinan iklan akan memberikan hasil untuk Anda.

Klien saya mendapatkan akses ke Dashboard Google Adwords, ini memungkinkan mereka untuk melihat secara langsung performa iklan.

Untuk melihat dan mengukur kinerja iklan dengan cepat, Anda dapat mengurutkan berdasarkan CTR (Click Through Rate). Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah melihat iklan yang:

  1. Paling sering diklik
  2. Menghasilkan konversi terbanyak
  3. Memiliki rasio konversi terbaik
  4. Menghasilkan konversi dengan biaya terendah

Anda ingin agar iklan menarik perhatian pelanggan dan menjelaskan secara akurat apa yang Anda tawarkan.

Jawab pertanyaan berikut untuk melihat apakah iklan Anda menyampaikan pesan yang tepat:

1. Apakah iklan cocok dengan kata kunci?

Konsumen cenderung tertarik pada iklan yang terlihat lebih relevan dengan penelusuran mereka.

Jadi, pastikan teks iklan Anda (terutama judulnya) terkait erat dengan kata kunci.

Hal ini dapat menarik perhatian orang yang menelusuri kata tersebut, dan menunjukkan bahwa iklan Anda berkaitan dengan apa yang mereka inginkan.

Penting bagi kata kunci untuk dikelompokkan menurut tema atau produk, dan bukan menyatukan semua kata kunci dalam grup iklan yang sama.

Dengan cara ini, Anda dapat menulis iklan yang langsung disesuaikan dengan kata kunci tersebut. Dan semakin erat penyandingan iklan dan kata kunci Anda, semakin besar kemungkinan seseorang akan tertarik.

Misalnya, jika Anda mengiklankan kelas kebugaran kelompok, grup iklan Anda mungkin terlihat seperti berikut ini:

2. Berapa banyak variasi iklan yang Anda miliki?

Mungkin sulit untuk menangkap semua yang ingin Anda katakan tentang bisnis Anda dalam satu iklan teks. Itu sebabnya Anda ingin menulis variasi iklan yang berbeda.

Ada baiknya Anda memiliki 2 hingga 4 iklan yang berbeda dalam satu grup iklan. Jika Anda memiliki lebih dari satu iklan dalam grup iklan, iklan akan tayang bergiliran. Dan, secara default, AdWords akan secara otomatis mulai menayangkan iklan yang kinerjanya lebih baik.

Dalam masing-masing iklan, coba gunakan berbagai judul atau teks deskripsi. Misalnya, Anda dapat bereksperimen dengan:

  • Mencoba berbagai judul atau ajakan bertindak
  • Menyertakan kata kunci atau merek tertentu
  • Menyertakan harga atau promosi yang spesifik

Misalnya, jika Anda mengiklankan pusat kebugaran, Anda dapat mencoba variasi iklan seperti berikut:

3. Apakah Anda menggunakan ajakan bertindak yang meyakinkan?

Di teks iklan, Anda ingin mendorong pelanggan untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan di situs.

Ajakan bertindak yang jelas dan lugas menginformasikan kepada pelanggan apa yang dapat mereka lakukan dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan.

Semakin akurat ajakan bertindak Anda (yaitu, semakin dekat kecocokannya dengan kata kunci dan laman landas), semakin baik peluang Anda untuk mendapatkan konversi.

Dengan memilih frasa tindakan yang tepat, Anda tidak perlu membayar klik yang cenderung tidak menghasilkan bisnis untuk Anda.

4. Apakah Anda menyoroti promosi atau penawaran khusus?

Bila Anda mempunyai sesuatu yang khusus untuk ditawarkan, pastikan pelanggan melihatnya. Misalnya, Anda dapat menawarkan diskon musim panas sebesar 10%, potongan harga instan, atau hadiah gratis dengan pembelian.

enekankan harga atau promosi tertentu dapat membantu memengaruhi keputusan seseorang untuk mengeklik iklan Anda.

Semakin Anda dapat menunjukkan keunggulan diri Anda dari pesaing, Anda akan cenderung menarik bagi calon pelanggan.

5. Apakah Anda menggunakan ekstensi iklan?

Salah satu cara untuk menarik lebih banyak pelanggan ke iklan adalah dengan menggunakan ekstensi iklan—sebuah fitur yang menampilkan informasi bisnis tambahan bersama iklan Anda, seperti alamat, nomor telepon, peringkat toko, atau tautan laman web lainnya.

Menambahkan ekstensi iklan dapat membantu meningkatkan keterlihatan dan RKT iklan.


Memastikan Anda memiliki laman landas yang tepat

Laman landas Anda memainkan peran besar untuk mengubah klik menjadi pelanggan. Ketika mengeklik iklan, seseorang berharap untuk tiba di laman yang relevan dengan apa yang mereka lihat di iklan Anda.

Jika tidak langsung menemukan apa yang diharapkan, kemungkinan besar mereka akan meninggalkan situs Anda.

Jawab pertanyaan berikut untuk melihat apakah laman landas menyampaikan pesan yang tepat kepada pelanggan Anda:

1. Apakah laman landas cocok dengan iklan dan kata kunci Anda?

Pilih laman landas yang sangat cocok dengan iklan dan kata kunci Anda.

Misalnya, jika kata kunci Anda adalah sepatu diskon dan iklan Anda menjanjikan sepatu dengan diskon 20%, maka pelanggan harus dapat menemukan dan membeli sepatu dengan harga diskon tersebut di laman landas Anda.

Laman landas juga harus mencerminkan ajakan bertindak dalam teks iklan Anda.

Misalnya, jika iklan mendorong pelanggan mendaftar untuk tur gratis, maka Anda dapat menghadirkan formulir pendaftaran di laman landas secara mencolok.

Renungkan hal itu seperti ini: Hubungan antara iklan dan laman landas adalah jembatan antara calon pelanggan dan pembelian.

Semakin kuat hubungannya (semakin relevan secara langsung laman landas Anda), semakin baik peluang Anda untuk mendapatkan konversi.

2. Apakah situs web Anda sesuai untuk seluler?

Banyak pelanggan yang akan mengunjungi situs web Anda di perangkat seluler.

Pada layar yang lebih kecil, sulit bagi orang untuk menemukan apa yang diinginkan.

Berikut ini beberapa cara untuk membuat situs seluler yang efektif:

  • Pertahankan kecepatan Hindari terlalu banyak teks, dan gunakan butir pokok sebagai gantinya. Padatkan gambar ke ukuran lebih kecil untuk pemuatan situs yang lebih cepat di situs Anda.
  • Permudah untuk menghubungi Anda: Minimalkan jumlah langkah yang diperlukan untuk melengkapi formulir atau menyelesaikan transaksi. Untuk panggilan telepon, gunakan tombol "klik untuk menelepon" yang dapat diklik oleh pelanggan untuk langsung menghubungi Anda.
  • Gunakan navigasi sederhana: Minimalkan jumlah tautan, gerakan mouse, dan pengguliran. Menu, tombol kembali, dan tombol beranda harus jelas.

3. Apakah laman landas Anda mudah dijelajahi?

Percepat dan permudah pelanggan untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan — memesan produk, menghubungi nomor telepon, atau mengirimkan pertanyaan. Jangan buat orang mencari-cari informasi yang mungkin mereka butuhkan. Hindari situs yang semrawut karena terlalu banyak iklan atau jendela munculan.

Sebaiknya tempatkan informasi penting di bagian atas laman. Dengan demikian, informasi akan langsung terlihat oleh pelanggan saat mereka tiba di laman, dan pelanggan tidak perlu menggulir ke bawah untuk melihatnya.

4. Apakah Anda memberikan konten yang unik dan bermanfaat?

Coba berikan informasi yang bermanfaat dan asli di laman landas Anda tentang apa pun yang Anda iklankan. Uraikan produk atau layanan Anda beserta manfaatnya dengan jelas. Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan ulasan yang menunjukkan opini yang sesungguhnya dari pelanggan lain.

Bagus! Anda telah menyelesaikan panduan dalam blog ini untuk mengetahui apakah iklan dan halaman landas Anda sudah optimal.

Namun, pengelolaan kampanye Anda tidak berakhir di sini. Jangan lupa untuk masuk ke akun Anda secara teratur guna memastikan kampanye menghasilkan bisnis untuk Anda.

Ingin mengetahui lebih jauh? Lihat blog cara membuat website yang menghasilkan penjualan disini:

https://dewarangga.com/blog/2016/apakah-website-anda-sudah-siap-menghasilkan-penjualan

Masih ada pertanyaan? Hubungi saya untuk bantuan gratis dari pakar Digital Marketing:

https://dewarangga.com/contact/